Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Mengenal Syntax Kode CSS

Mengenal Syntax kode CSS - Sebelum mengikuti postingan ini, mungkin sebaiknya konco sinahu mempelajari dasar-dasar HTML terlebih dahulu agar pengetahuan coding yang didapatkan berkesinambungan. Karena CSS ini adalah kelanjutan dari HTML yang juga masih berjalan kita bahas.

Apa itu CSS?


CSS alias Cascading Style Sheets adalah bagian dari mark up language yang digunakan bersama dengan HTML untuk mendesain tampilan antarmuka suatu web. CSS mendesain bagian elemen HTML tertentu dengan style CSS yang diinginkan tampil pada browser. Misal HTML bagian header, section, footer, dll semua itu bisa didesain sesuai keinginan dengan style CSS. Ibarat pertukangan, jika HTML itu kayunya, maka CSS adalah peralatan-peralatannya. Mau dipahat seperti apa, dicat warna apa, dan sebagainya itu semua tugas dari CSS. 

Penulisan Syntax Kode CSS


Penulisan kode syntax CSS terdiri dari selector dan declaration block. Selector adalah bagian elemen HTML yang ingin didesain dengan CSS. Sedangkan declaration block berisi satu atau lebih deklarasi dipisahkan oleh tanda titik koma (;). Dan setiap deklarasi terdiri dari property dan value yang dipisahkan oleh tanda titik dua (:).

Lebih mudahnya, ilustrasi penulisan kode syntax CSS bisa dilihat seperti gambar di bawah ini :

Mengenal Syntax kode CSS


Contoh Menggunakan CSS


Suatu deklarasi CSS selalu diakhiri dengan titik koma, dan beberapa kelompok deklarasi diletakkan di antara kurung kurawal, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Untuk memudahkan, sebaiknya satu deklarasi diletakkan pada satu baris/line. Jadi jika ada 5 deklarasi berarti 5 baris. Seperti contoh berikut :

<style>
p {
    color: blue;
    text-align: center;
} 
</style>


<p>Paragraf ini menggunakan style CSS dengan dua deklarasi. Deklarasi yang pertama untuk mendefinisikan warna biru. Deklarasi kedua untuk posisi teks berada di tengah.</p>

hasilnya seperti di bawah ini :

Paragraf ini menggunakan style CSS dengan dua deklarasi. Deklarasi yang pertama untuk mendefinisikan warna biru. Deklarasi kedua untuk posisi teks berada di tengah.


Itulah sedikit pengenalan tentang CSS. Semoga menambah ilmu untuk konco sinahu semua. Untuk selanjutnya sinahu coding akan membahas lebih detail lagi tentang coding dengan CSS ini. Jadi tetap stay terus di sinahu coding.



0 Komentar untuk "Mengenal Syntax Kode CSS"

Back To Top