Tutorial Blog, Tips Blogging, SEO, Belajar Syntax HTML, PHP, CSS, dan Aktifitas Coding Lainnya

Cara Pasang Share Button Whatsapp di Blog

Cara Pasang Share Button Whatsapp di Blog - Zaman sekarang media messanger sudah sangat banyak. Beberapa yang paling populer ada BBM, Whatsapp, Wechat, Line, dan sebagainya. Bahkan layanan messanger ini telah menggusur layanan sms. Orang lebih memilih menggunakan layanan messanger daripada sms, karena beberapa fitur menarik seperti bisa saling berkirim file audio, gambar, dll. Tapi bagaimanapun sms tidak akan pernah tergantikan, tak akan lekang oleh waktu, karena sms tidak perlu koneksi internet. Asal ada sinyal, sms akan tetap berfungsi dengan baik.

share button whatsapp

Salah satu fitur manarik dari sebagian layanan messanger tersebut ada yang bisa kita tambahkan ke blog, yaitu adanya fitur untuk menambahkan tombol share / share button whatsapp ke blog. Yaitu fitur untuk berbagi artikel via whatsapp. Jadi setelah memasang fitur ini nanti pengunjung akan langsung bisa share artikel ke kontak whatsapp mereka. Keren kan?

Fitur ini pertama kali saya tahu waktu mengakses portal berita online via hp beberapa waktu yang lalu. Saya lihat di bagian akhir artikel kok ada tombol share button whatsapp nya. Kemudian saya tertarik untuk mencari tahu caranya dan membagikan info yang bermanfaat ini kepada konco sinahu semua.

Tentu adanya share button whatsapp ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para blogger untuk semakin mudah artikelnya tersebarluaskan. Apalagi whatsapp adalah salah satu layanan messanger terlaris saat ini selain BBM (Menurut pengamatan saya). Karena memang ada beberapa keunggulan dan fitur whatsapp yang tidak dimiliki oleh layanan messanger lain.

Nah, sekarang bagaimana caranya agar tombol share button whatsapp ini bisa ditambahkan pada blog kita? caranya sangat mudah, simak langkah-langkah berikut.

Menambahkan Share Button Whatsapp pada Blog


1. Login ke Blogger
2. Masuk ke opsi Edit template
3. Cari kode </body>, kemudian copy paste kode berikut di atasnya


<script type="text/javascript">if(typeof wabtn4fg==="undefined"){wabtn4fg=1;h=document.head||document.getElementsByTagName("head")[0],s=document.createElement("script");s.type="text/javascript";s.src="http://techwar24.googlecode.com/svn/whatsapp-button.js";h.appendChild(s);}</script>

4. Selanjutnya cari kode <data:post.body/>, kemudian pilih salah satu share button whatsapp berikut ini, dan letakkan di atas atau di bawah <data:post.body/>.

Share Button Kecil



<a class="wa_btn wa_btn_s" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>

Share Button Sedang



<a class="wa_btn wa_btn_m" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>

Share Button Lebar



<a class="wa_btn wa_btn_l" expr:data-href="data:post.url" expr:data-text="data:post.title" href="whatsapp://send" style="display: none;">Share</a>

5. Save Template

Sekarang coba lihat hasilnya. Tapi Share button whatsapp ini hanya bisa tampil dan dilihat via akses mobile. Kan whatsapp memang layanan messanger mobile. Percuma juga kalaupun bisa ditampilkan via desktop. Mau dishare kemana coba?

Itulah tutorial singkat yang bisa sinahu coding bagikan kali ini tentang cara memasang share button whatsapp pada blog. Mungkin konco sinahu juga tertarik beberapa share button lain. baca - Share Button Terlengkap untuk Blog.

Jika ada kesulitan untuk menerapkan turorial ini, jangan sungkan untuk mendiskusikannya di kolom komentar. Sampai jumpa di lain posting bro.



7 Komentar untuk "Cara Pasang Share Button Whatsapp di Blog"

di blogku kok gk bisa ya?? apa karena bukan template bawaan bloger?

di blogku kok gk bisa ya?? apa karena bukan template bawaan bloger?

Selamat Siang,Pagi & Malam Sobat Blogger.Maaf Menggangu Sebentar. Bagi Para Blogger Dimanapun anda berada khususnya wilayah Jawa Barat, Kita Join yu? kalo kebetulan blog kalian sudah di terima Adense bisa Saling Klik iklan adense Antar Blogger Memperbayak Page Rank Traffic, bagi yang belum keterima, peluang bertambah besar untuk diterima AdenseJujur saja Kita Buat Blog, berfikir dengan susah payah buat artikel dan tutorial, berharap mendapat pengunjung banyak kan? dan tentu mendapatkan dollar dari Adense?Hal itu sebetulnya bisa kita mainkan sendiri, Contoh saja kalo kita buat komunitas 1000 Anggota atau lebih dari 1000 dari blogger seluruh blogger yng ada di indonesia.Opsi dengan cara saling klik antar blogger aktif 1000 klik/hari bisa dibayangkan traffic blog Naik & penghasilan kita dari Google Adense juga pasti meningkat. Opsi ini sudah pernah diterapkan di Sebuah kampung yang ada di Magelang Jawa Tengah. Terbukti Sukses Bagi warganya meraih Pundi pundi Dollar. Karena Adanya klik dari pengunjung Google dan klik dari Anggota Komunitas blogger itu sendiri.Bagi Yang setuju dan mau bergabung Sebagai Anggota Komunitas Saling klik dan sempatkan berkomentar Positif di setiap artikel sesama bloggerBisa Email saya :Temankerjaku@gmail.comNo HP/WA : 0812 8997 0316Link Blog kalian bisa kirimkan di Grup(Kita Buat Grup WhatsApp)kunjungi juga Blog saya.http://arsip86.blogspot.co.id/Kebetulan saya sendiri Hobbi main Gadget, Internetan dan baru baru ini terjun di Dunia Blogger karena memang keinginan ingin mempelajari hal yang belum diketahui.Mungkin Diluaran sana banyak para Master Blogger yang sudah Sukses Di Dunia Blogger, Dan kami berharap Mendapatkan Apresisasi dan dukungan dari Para Master Blogger Indonesia. Kesempatan hanya datang sekali, Anggap saja Google Adense Sebagai Boss Kita, Dan kita Bisa Memanfaatkan peluang tersebut, tanpa sepengetahuan mereka.Semoga bisa Saling kerjasama.

kalo pasang gambar wa di google site, bagamana ya

WhatsApp 3.3.10 has an enhanced interface. Users will notice modifications to menu organization, iconography, and layout that facilitate navigation. This is a basic but beneficial update that makes WhatsApp easier and more efficient to use.

Back To Top